Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Drama Korea Romantis Ahn Bo Hyun, See You in My 19th Life (2023)

"Bagaimana jika kamu dapat mengingat semua kehidupan yang telah dilalui?". Hola chingu, kali ini coldclover berkesempatan untuk membagikan review drama korea terbaru yaitu See You in My 19th Life (2023). So, check this out.
  • Drama : See You in My 19th Life (이번 생도 잘 부탁해)
  • Sutradara :  Lee Na-Jeong
  • Penulis : Lee Hye (webcomic), Choi Young-Rin
  • Stasiun : tvN, TVING
  • Episode : 12
  • Mulai Tayang : 17 Juni- 23 Juli, 2023 
Diadaptasi webtoon "See You in My 19th" oleh Lee Hye (diterbitkan melalui Naver Webtoon), kali ini di kehidupan ke-18, dirinya memulai hidup sebagai Yoon Joo-Won (Shin Hye-Sun). Setiap lahir Ia kembali mengingat kehidupan sebelumnya. Setelah itu, dia menjalani hidup dengan kenangan dari semua kehidupan sebelumnya. Setiap kali menghadapi akhir hidupnya, Ia berharap bahwa tidak akan dilahirkan kembali— dikarnakan jika Ia lelah mengingat kenangan dari semua kehidupannya. Namun semuanya berubah ketika Yoon Joo-Won bertemu dengan seorang anak bernama Mun Seo-Ha (Ahn Bo-Hyun)— mereka menjadi sangat dekat dan hubungan itu berakhir dikarnakan kecelakaan yang menimpanya. Di kehidupan ke-19 dirinya memulai hidup sebagai Ban Ji-Eum, Ia memiliki kesempatan untuk bertemu lagi dengan Mun Seo-Ha dan mendekatinya dengan kasih sayang.

Sedangkan Mun Seo-Ha (Ahn Bo-Hyun) sedari kecil Ia kehilangan orang-orang yang Ia cintai— sang Ibu dan  juga cinta pertamanya Yoon Ju-Won. Sejak itu, Seoha menolak untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Hingga hidupnya berubah karena kemunculan wanita aneh bernama Ban Ji-Eum.

Ban Ji-Eum dan Mun Seo-Ha

Dirinya terlahir kembali sebagai Ban Ji-Eum (Shin Hye-Sun)— dimana kehidupan kali ini berbanding terbalik dengan kehidupan sebelumnya ke 18 sebagai Yoon Ju-Won. Ketika kecil Ibu Ji-eum memilih untuk pergi dikarnakan tidak tahan dengan sang Ayah yang pemabuk, pemukul dan suka berjudi. Jieum kecil bertekad untuk menemui Seoha mulai tampil di tv sebagai penari flamenco dan pemain akordion hebat (keahlian tersebut merupakan ingatan dari kehidupan sebelumnya)— tetapi uang yang didapatkan dari acara TV diambil sang Ayah untuk berjudi. Jieum kecil menyerah dengan keluarganya dan memutuskan untuk menemui Aegyeong keponakannya di kehidupan ke-17.  Mun Seo-Ha (Ahn Bo-Hyun) pria dingin menyimpan banyak luka di hatinya, Ia memutuskan untuk kembali dan mengambil alih MI Hotel—dulunya merupakan hotel Ibunya yang kini dipegang oleh Jang Yeon-Uk sang Ibu tiri. Hari-hari kelam Mun Seo-Ha seketika berubah dengan adanya Ban Jieum disampingnya.
Yoon Cho-Won dan Ha Do-Yun

Yoon Cho-Won (Ha Yoon-Kyung) merupakan adik dari Yoon Ju-Won, memiliki kepribadian yang ceria dan menyenangkan. Ia sangat tertarik pada bunga dan tumbuhan seperti sang Ibu— Ia memiliki kebun dan florist Hall of Chowon, dirinya tertarik menjadi vendor lanskap di MI Hotel. Ha Do-Yun (Ahn Dong-Goo) sekretaris Seoha sekaligus sahabatnya sejak SMA, Ia sangat rapi dan cekatan dalam melakukan pekerjaannya. Sedari kecil Do-Yun tinggal berdua bersama adiknya yaitu Ha Do-Jin.
Penghargaan untuk kategori mencintai secara ugal-ugalan semestinya dimenangkan oleh Ban Ji-Eum sihh🏆— dari pertemuan awal Jieum masih kecil ketemu sama Seoha langsung ngajak nikah🤣, pas udah gede ngajak pacaran😆 (Btw aku suka pas scene nari, mengingatkanku sama mba Hyesun pas di drama  Angel's Last Mission: Love— tapi kalo disini lebih ke ballet, dan di drama The Hymn of Death— disini lebih ke dansa. Mba Hyesun spesialis nari nahh😋). Intinya Mun Seo-Ha dan Ban Ji-Eum adalah pasangan yang saling melengkapi, Jieum datang untuk menyembuhkan luka lama Seoha dan Seoha selalu setia nemenin Jieum pada saat dia masih bingung dengan potongan ingatan masa lalu dan problem yang menanti didepan bersama Min Gi.

"Aku ada di kehidupan masa lalumu, masa kini dan masa depan" -Ban Jieum
Best friend Mun Seo-Ha dan Ha Do-Yun— temenan dari SMA, kuliah dan akhirnya Do-Yun bekerja sebagai sekretaris Seoha. Do-Yun mendapatkan beasiswa dari Bapaknya Seoha dan diberikan perintah untuk menjaga dan mengawasi Seoha (setiap minggunya Doyun wajib melaporkan aktivitas Seoha kepada Bapaknya). Dikarnakan selalu berada di samping Seoha, teman-teman alumni terus membicarakannya dengan tidak baik (Btw disini Seoha selalu ngebela Doyun nah, dia gamau juga Doyun diperlalukan gitu— makanya doi jarang ngumpul sama mereka juga).
Penghargaan untuk kategori mencintai secara ugal-ugalan part. 2 dimenangkan oleh Yoon Chowon (Engga kakaknya, engga si adik samaaa aja demennya sat-set🤣). Lagi dan lagi aku terkena sindrom second couple💖, suka banget sama couple ChowonxDoyun ini. Tapi kenapaaaa..kenapa scene mereka dikit bangett😢. Pertemuan pertama memayungi di tengah hujan☔, dan hubungan mereka (hampir) berakhir pada saat memberi payung karna akan hujan🌂. Disini Doyun keliatan banget bgt suka sama Chowon, tapi karna perbedaan status mereka doi milih untuk mundur (Padahal Chowon disini ga peduli tentang itu, tapi Doyun keras juga karna gamau Chowon diomongin sama teman-temannya😔). Scene fav aku dimana Doyun selalu mengepalkan tangannya (Mungkin untuk menahan dirinya untuk tidak melangkah maju kali ya..🥺) dan pas Doyun nangis ngeliatin Chowon dari kejauhan— plz doi nangis kenceng karna sesayang itu sama Chowon (Aku mau banget mama doi kaya Doyunnn🤧)

"Ketika kamu menyukai seseorang, bukankah kamu akan menyukaisegala hal tentangnya?" - Yoon Chowon
Seoha, Chowon, Doyun, Jieum/Juwon. (Sering-sering ngumpul di reallife ih, sukak liat moment gini tapi cuma sekali doang ngumpul barengnya di drama🥺)

  •  coldclover's point : See You in My 19th Life dikemas dengan penampilan bagus dari para pemerannya, memiliki sinematografi terbaik, dan OST yang memukau. Salah satu hal yang dominan dari drama ini adalah penggambaran hubungan karakter yang tidak biasa di mana pemeran utama wanita—Ban Jieum memiliki kekuatan sementara pemeran utama pria—Mun Seoha masih berkutat dengan masalah pasca trauma, percintaan mereka terkesan unik karna Jieum disini yang lebih memimpin dan Seoha mengikutinya. Aku juga terkesan sama penggambaran hubungan Jieum dan keponakannya di kehidupan ke-17 yaitu Aegyeong yang berusia 50-an tahun (mungkin karna chemistry mereka di drama Mr. Queen sebelumnya ya, jadi ngerasa kaya mereka deket bgt), lalu karakter yang memiliki kesan abadi yaitu Mingi— aura misteriusnya memikatku dari awal hingga akhir (walaupun aku ngerasa kasian juga doi masih harus menunggu kapan penderitaannya berakhir). Dikarnakan tidak ada penjahat yang sepenuhnya negatif, aku merasakan penggambaran masalah diawal dibentuk rumit dengan penuh warna abu-abu—dan pada saat diakhir menuju penyelesaian konflik bakalan kerasa "Gini aja nih?" Gitu..🤣 (If u know, u know lah😶). Btw aku ngikutin mba Shin Hye-Sun dari drama The Legend of the Blue Sea (jujur setelah itu aku gaada yang sampai habis nonton dramanya doi, padahal bagus semua mulai dari Still 17,  Angel's Last Mission: Love,dan Mr. Queen), untuk Ahn Bo-Hyun namanya mulai dikenal pada saat drama Descendant of the Sun (tapi aku ngikutin dari drama My Only Love Song, Her Private Life, Kairos dan Itaewon Class— menurutku Bo-Hyun cocok dengan karakter keras gitu sih mantepp😀.). Overall good, wajib ditonton untuk menenangkan fikiran dikala bayaknya drama thriller yang lagi ongoing👍🏻
  • Untuk OST See You in My 19th Life diisi oleh Sunwoojunga - Silence, Colde - Star, Jo Yuri - DOWN (Juicy Juicy), Ahn Bo Hyun - I'll Embrace Your Past, YELO - Secret, dan terakhir dari mas Doyoung - Here with me. Aku pribadi suka banget sama Colde - Star, dan lagu ini termasuk dalam fav playlistku xixi.
  • 📋 Mengenai rating, dari 1-10 aku kasi nilai 8 untuk drama ini. Recommend untuk readers yang penasaran dengan drama adaptasi webtoon, bergenre romance yang gumushh. [Cek Rating K-Drama lainnya di coldclover drama rating in mydramalist ] 
  •  Drama See You in My 19th Life dapat ditonton di Netflix ya yeorobun😆
Sekian review drakor kali ini, see yaa^^~

9 comments for "Review Drama Korea Romantis Ahn Bo Hyun, See You in My 19th Life (2023)"

  1. Bagus ni buat rekomendasi

    ReplyDelete
  2. Keren, kalo bisa pakai template blog premium biar terlihat lebih profesional, di blog saya ada banyak template blogger premium tinggal download aja, jangan lupa dimodifikasi sedikit biar sesuai dengan kontennnya..... tetap semangat yaa

    ReplyDelete
  3. Cinta, penderitaan , kebahagiaan , air mata adalah bagian umum dari cerita drakor . Endingnya ?

    ReplyDelete
  4. yang paling menarik dari film2 dari korea ini tampilan visual cewe2nya cakep bgt, bikin betah nonton.. hahaaa

    ReplyDelete
  5. seng aku suka drama ini , tapi ngerasa gak sih endingnya kurang puas wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nun akhir artikel owe nulis "gini aja nih?" gitu wkwk🤣. Kurang banyak scene uwu2nyaㅠㅠ

      Delete
  6. Salah satu film yang masih masuk playlist untuk ditonton, belum ada waktu untuk menyelesaikannya.

    ReplyDelete