Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[Review] Drama Korea Black Knight (2023)

Annyeong, long time no see yeorobun deul^^~. Memasuki awal bulan agustus ini coldclover kembali untuk membagikan review drakor yang pastinya seru dan masih fresh from the oven yaitu Black Knight (2023). So, check this out.
  • Drama : Black Knight (택배기사)
  • Sutradara :  Cho Ui Seok
  • Penulis : Lee Yoon-Kyun (webcomic)
  • Stasiun : Netflix
  • Episode : 6
  • Mulai Tayang : 12 Mei, 2023
Diadaptasi webtoon "Delivery Driver" oleh Lee Yoon-Kyun (diterbitkan melalui Toomics). Sebuah meteroit dan Bumi betabrakan 40 tahun yang lalu, sejak itu sebagian benua tenggelam dan Semenanjung Korea berubah menjadi gurun. Di tahun 2071, dunia telah dihancurkan oleh polusi udara yang beracun. Hanya sekitar 1 persen dari populasi selamat dan dengan kode QR para penyintas diseleksi dengan kelas sosial (umum, khusus dan inti). Namun, penyintas yang tidak terpilih disebut pengungsi dan hidup sengsara dengan kesulitan makanan dan kekurangan oksigen. Menjadi kurir persediaan/pengirim paket mejadi satu-satunya harapan bagi pengungsi tanpa kode QR.

5-8 dan Yoon Sa-Wol

5-8 (Kim Woo-Bin) seorang pengirim paket legendaris yang sangat terampil dalam pertempuran fisik. 5-8 sebelumnya merupakan pengungsi dan Ia memutuskan menjadi kurir untuk mengubah hidupnya. Menjadi kurir tidaklah mudah, kurir mendistribusikan oksigen dan kebutuhan agar penyintas dapat bertahan hidup— mereka harus tiba tepat waktu melewati gurun yang dipenuhi polusi, pasir, dan mengatasi serangan pencuri dan pemburu. Menjadi kurir harus tangguh— bertaruh nyawa dengan  pemburu demi mempertahankan truk logistik. Yoon Sa-Wol (Kang You-Seok), merupakan seorang remaja pengungsi. Yoon Sa-Wol bercita-cita menjadi seorang kurir dan dia mengagumi 5-8. 
Jung Seol-Ah dan Ryu Seok

Jung Seol-Ah (Esom) adalah seorang perwira di Komando Intelijen Pertahanan. Dia menyelamatkan hidup Yoon Sa-Wol dan merawatnya seperti bagian dari keluarga. Seol-Ah memiliki adik bernama Jung Seul-Ah (Roh Yeon-Seo), mereka menyelundupkan Sa-Wol secara diam-diam dan hidup bersama selama 10 tahun. Ryu Seok (Song Seung-Heon) merupakan anak dari Direktur Ryu Jae-Jin pemilik Cheonmyeong Group. Cheonmyeong Group merupakan perusahaan besar yang membuat Air Core untuk mengubah oksianium menjadi oksigen, perusahaan ini juga menjual dan mendistribusikan oksigen kepada para penyintas dan pengungsi. Saking hebatnya bisa dikatakan bahwa posisi Cheonmyeong sudah setara dengan Presiden yang memimpin. 
Ketika warga jarang meninggalkan rumah mereka dan pada saat mereka keluar harus memakai masker gas dikarnakan polusi udara— warga sangat bergantung pada layanan pengiriman untuk kelangsungan kebutuhan hidup. Jung Seul-Ah, adik dari Jung Seol-Ah (Namanya mirip banget jadi agak susah dibedain) meminta untuk foto bersama dengan kurir 5-8, sebelum insiden besar terjadi.

"Aku tidak mengetahui seberapa dalam kesedihan di hatimu. Namun, kesedihanmu akan sedikit berkurang tiap harinya. Jika sehari lagi berlalu, kesedihanmu akan berkurang lagi. Jika kau merasakan kesedihan yang berkurang sedikit demi sedikit setiap harinya, itu akan menjadi sebuah kerinduan. Seperti itulah kita semua  menjalani hidup dengan mengubah kesedihan menjadi kerinduan." -Kakek.

Di siang hari Yoon Sa-Wol selalu kabur dari rumah dan berkelahi dengan penjarah kelas bawah untuk mengambil barang ramapasan mereka, terkadang Ia mencegat truk 5-8 yang lewat dan meminta untuk mengajarkannya cara menjadi kurir sepertinya. 
Gatau lagi mau komentar apa tentang Ryu Seok— sosok villain ini sudah banyak ngelakuin kejahatan seperti pembantaian pengungsi, penculikan, pencemaran udara, dan eksperimen pada anak-anak. Cocok sama quote yang sekarang lagi viral "Lo punya duit, lo punya kuasa.". Keputusannya yang selalu ditentang oleh sang Ayah membuat Ryu Seok semakin ingin menjadikan dirinya sebagai nomor satu di Cheonmyeong dan sistem pemerintahan Korea.

  • coldclover's point : Tak dipungkiri bahwa Black Knight merupakan salah satu drama yang paling kutunggu penayangannya dikarnakan mengangkat genre sci-fi, dan adventure (Aku suka bgt sama genre sci-fi😊)— ditambah lagi Kim Woo Bin mengambil peran utama setelah sekian lama hiatus membuatku berekspektasi tinggi (Jujur aku belum nonton proyek lain yang diambil Woobin seperti film Alienoid dan drama Our Blues). Enam episode dengan durasi 48 menit yang ditampilkan membuatku merasa scene yang ditampilkan sangat cepat dan berakhir seperti itu saja. Aku tidak mengatakan drama ini buruk, hanya saja ide plotnya tidak dieksekusi dengan baik— mungkin jika ditambahkan 1-2 episode lagi dapat membahas lebih dalam tentang teknologi yang digunakan untuk membuat kota tanpa masker udara dan pengembangan tiap karakter yang ada seperti mengapa 5-8 menjadi kurir legendaris, dan mengapa Sa Wol menjadi mutan dan dirinya tidak membahayakan manusia lainnya (Aku berharap Netflix akan memasukkannya jika memutuskan untuk menggarap season kedua). Secara keseluruhan, drama ini bagus, akting dan kualitas Kim Woo Bin tak dapat diragukan— doi jago banget dalam adegan action berkelahi dengan tangan kosong dan tatapan matanya selalu bikin oleng (Kuakui kalo Woobin disini gantengnya ga ketolong, cakep bgtt😍). Esom juga karakternya disini kuat dan tak gentar untuk melawan villain yang bersekutu dengan menteri pertahanan (Aku tau Esom dari drama Ghost (2012), Ia mengambil peran cameo menjadi Shin Hyo-Jung, tetapi karakter inilah yang menjadi poin utama dalam drama tersebut😉). Untuk Song Seung-Heon, aku tidak menyangka doi mengambil peran antagonis karena selama ini protagonis seperti di drama The Player dan Voice 4 (Masih belum kutonton sampai habis🤧)— karakter Seung Heon di Black Knight seperti chaebol yang kesepian tanpa dukungan dari sang Ayah, tetapi ingin mengambil alih Cheonmyeong dan menjadikan dirinya sebagai nomor satu di pemerintahan membuatku merasa iba— Ia memiliki semuanya, tetapi Ia juga tidak bahagia. Terakhir Kang You-Seok yang berperan sebagai Yoon Sa-Wol, untuk di drama ini aku merasa karakternya kurang dominan padahal dirinya merupakan salah satu pemeran utama dan chemistry bromancenya bersama Woobin kurang greget— tetapi overall penyampaian ceritanya menarik dan aku berharap akan ada banyak lagi drama yang mengangkat tentang masa depan seperti Black Knight dan juga Yonder (2022).
  • 📋Mengenai rating, dari 1-10 aku kasi nilai 7,5 untuk drama ini. Recommend untuk readers yang penasaran dengan drama adaptasi webtoon, bergenre Sci-Fi dan Adventure. [Cek Rating K-Drama lainnya di coldclover drama rating in mydramalist ]
  •  Drama Black Knight dapat ditonton di Netflix ya yeorobun😆

2 comments for "[Review] Drama Korea Black Knight (2023)"

  1. Aku udah nonton film ini, ceritanya bagus, cuman endingnya bikin tergantung. tapi lumayan mendebarkan

    ReplyDelete