Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Film Korea Cha Tae Hyun dan Yoo Yeon Seok, My Puppy (2023)

Apa yang lebih menyakitkan daripada kamu dicintai, tetapi kamu akan ditinggalkan? Kamu jelas bersamanya, setiap harinya kamu menunggu ketika Ia kembali. Kala itu netranya melihatmu dengan berbeda, seakan menyimpan rahasia bahwa waktu perpisahan akan tiba. Aku berandai-andai Runie akan berfikiran sepertiku pada paruh waktu pertama dari film ini. Setelah sekian lama berkutat pada drama— sekarang banyak sekali drama ongoing yang aku ikuti, jadi kuputuskan untuk menonton film kembali— apalagi watchlist filmku juga sudah menumpuk. Pilihanku tertuju pada My Puppy— film yang rilis di bulan maret 2023 lalu, berdurasi 113 menit, ditulis dan disutradari oleh Kim Joo-Wan, serta di produseri oleh Sim Moon-Bo. 

Min Soo dan Jin Kook
Film My Puppy menceritakan tentang Min-Soo (Yoo Yeon-Seok), pria muda yang memiliki keseharian sebagai pegawai kantoran pada umumnya— selalu menunggu waktu kepulangan kerja tiba, menjalin hubungan dengan Sung Kyun (Jung In-Sun) yang bekerja sebagai pramugari. Min Soo tinggal bersama anjingnya bernama Runie, anak anjing tersebut sudah seperti adik baginya. Pada saat Min Soo melamar sang pacar, Ia dihadapkan dengan sebuah fakta bahwa selama ini Sung Kyun meminum obat secara berkala karena memiliki alergi terhadap liur anjing, hal ini yang membuat Sung Kyun tidak dapat hidup berdampingan dengan Runie.

Fikirannya kacau, disibukkan mencari cara untuk untuk menitipkan Runie. Min Soo menghubungi sepupunya yang lebih tua yaitu Jin Kook (Cha Tae-Hyun) yang bekerja sebagai trainer gym— dulunya Ia menjalankan kafenya sendiri, namun kafe itu bangkrut. Jin Kook menerima panggilan telepon dari Min Soo, mereka bertemu untuk membahas masalah Runie.

Chingudeul, tidak seperti postingan-postingan drakor sebelumnya dimana aku lebih terlebih dahulu menceritakan alur drama disusul dengan poin ulasanku disisipkan akhir,  untuk review film kali ini aku memberikan poin-poin penting yang langsung disertai ulasanku. So, check this out😉
Min Soo
  • Gambaran hidup bersama hewan peliharaan
Hal yang kita ketahui adalah anjing merupakan hewan yang setia, begitu juga dengan Runie— anjing berjenis golden retriever ini memiliki sifat yang ceria, cerdas, ramah dan menyenangkan. Dalam film ini kita akan melihat keseharian Runie yang selalu menunggu Min Soo, ketika sang pemilik pulang Ia langsung bangun dan menyambutnya. Aku suka banget ngeliat Runie yang adem ayem ketika di mandiin🐶— gumush banget ngeliat interaksi mereka berdua, berasa pengen punya peliharaan juga nah😆

Min Soo dan Jin Kook
  • Perjalanan menemukan wali yang sempurna untuk Runie
Minsoo dan Jinkook sudah melakukan berbagai macam cara untuk menitipkan Runie, diantaranya menghubungi kerabat terdekat dan membuat postingan bagi pengunjung yang berminat menjadi wali Runie di media sosial. Dalam perjalanannya mereka bertemu dengan banyak orang dengan latar belakang yang berbeda-beda, hal ini yang membuat Minsoo tidak yakin dan terus mencari seseorang yang dirasanya tepat untuk menjaga Runie.

Ada banyal hal yang terjadi pada saat Minsoo dan Jinkook memutuskan pergi ke Jeju membawa Runie, mereka dipertemukan dengan beberapa anjing dengan kisahnya masing-masing. Jujur, dibagian ini aku ngerasa nyesek banget🤧, dan mungkin bagi kalian pecinta hewan juga merasakan hal yang sama. Faktanya, cukup sulit untuk memelihara hewan peliharaan— tidak hanya memberikan makan, pastinya pemilik akan dihadapkan dengan pekembangan hewan tersebut. Hal-hal mengenai hewan peliharaan dan penitipan hewan terlantar juga dibahas disini (Aku berharap kalian nonton film ini jugaa😥)

  • My Puppy dibalut dengan komedi dengan sececah kelucuan

Perasaanku nonton film ini nano-nano sekali, berasa campur aduknya. Kadang sedih, kadang ketawa ngeliat bromance Cha Tae-Hyun dan Yoo Yeon Seok— ikatan mereka terasa begitu nyata, candaan mereka terasa seperti sesuatu yang aku alami bersama saudaraku sendiri dan juga kepedulian mereka terhadap satu sama lain. Aku pribadi sering melihat Cha Tae-Hyun di variety show ketimbang di drakor, jadi bawaannya ahjussi ini emang lawak😂. Paling ngakak sama scene Jinkook lagi ngerekam anjing dijalan, tiba-tiba mobilnya melewati jalan berlubang jadi Iphonenya jatuh di jalan. Minsoo udah ngakak gede ngeledekin Jinkook, padahal Jinkook ngerekam bukan pakai handphonenya. Alhasil mereka turun mungut Iphone yang udah rusak terus Jinkook kabur lari sebelum dihajar😂.

  • Pengalaman sinematik yang menyentuh hati dan emosional

Menurutku My Puppy bukanlah film yang berat, masalah yang dihadapi juga tidak banyak, tetapi mengandung unsur bawang yang tinggi😢. Naskahnya dibuat dengan baik, menggali esensi nilai-nilai dan kesetiaan keluarga. Film ini dengan cerdik menggambarkan perjalanan emosional Min Soo, menyoroti perjuangan yang ia alami saat mencoba membuat pilihan yang tepat. Penonton tentunya dibawa ke dalam rollercoaster emosional, mengalami momen tawa, air mata, dan empati yang tulus.

My Puppy mengingatkan kita akan pentingnya ikatan keluarga dan pengorbanan yang kita lakukan untuk orang yang kita cintai. Pendekatan film yang menyentuh hati dan narasi yang meninggalkan kesan mendalam, membangkitkan rasa hangat dan penghargaan terhadap kompleksitas hubungan antarmanusia. 

Tak patut dipungkiri Yoo Yeon-Seok merupakan aktor yang hebat dibidangnya, aku ngikutin doi dari drama Warm and Cozy (2015), lalu Mr. Sunshine (2018), Hospital Playlist 1&2 dan baru-baru ini aku namatin Narco Saint (2022) yang tayang di Netflix. Beragam karakter udah doi bawain, dari keluarga chaebol, kang bandar narkoboy hingga dokter anak— mungkin karna ngeliat doi terakhir jadi Pak Dokter Andrea aku ngerasa doi benar-benar masuk kedalam karakter pria hangst dan penyayang nah (bawaannya jadi ingin memiliki🤧). Dan untuk Cha Tae-Hyun, siapa sih yang gatau film Along With The Gods dan film My Sassy Girl? He deserve all the happiness in the world💙. Bahkan di drama Moving (2023) karakter dia sukses bikin aku nyesekk gitu🤧, btw ini masih ongoing jadi aku blm bisa ceritain banyak— tar malaj jadi spoiler huhu. Oh iya, mengenai rating My Puppy, dari 1-10 aku kasi nilai 9 untuk film ini. Recommend untuk chingudeul yang suka dengan genre slice of life [Cek Rating K-Film lainnya di coldclover drama rating in mydramalist ].

Film My Puppy dapat ditonton di VIU ya chingudeul😆

Sekian review film kali ini, see yaa^^~

7 comments for "Review Film Korea Cha Tae Hyun dan Yoo Yeon Seok, My Puppy (2023)"

  1. Baru tau jika ada film tentang pencinta anjing di drama korea

    ReplyDelete
  2. "pentingnya ikatan keluarga dan pengorbanan yang kita lakukan untuk orang yang kita cintai" itu quotenya

    ReplyDelete
  3. drama korea memang selalu unik untuk ditonton dan juga jalan ceritanya asik untuk drakor my puppy

    ReplyDelete