Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Drakor Seru Lee Kwang Soo, The Killer's Shopping List (2022)

Annyeong yeorobun, gimana keadaannya? Semoga sehat selalu yaa^^~. Kali ini coldclover kembali membagikan review drakor seru dari Lee Kwang-Soo yaitu The Killer's Shopping List (2022). Btw, siapa sih yang gatau Kwangsoo? Setelah mengundurkan diri dari Running Man tahun 2021 lalu, Kwangsoo aktif mengambil project seperti drama, film, dan juga variety show lho. So, check this out.
  • Drama : The Killer's Shopping List / The Murderer's Shopping List (살인자의 쇼핑목록)
  • Sutradara :  Lee Eon-Hee
  • Penulis : Han Ji-Wan
  • Stasiun : tvN, TVING
  • Episode : 8
  • Mulai Tayang : 27 April - 19 Mei, 2022
Diadaptasi novel "The Killer's Shopping List" oleh Kang Ji Young. Ahn Dae-Sung (Lee Kwang-Soo) merupakan anak yang jenius dan memiliki ingatan yang sangat baik. Sedari umur 9 tahun Daesung sudah membantu sang Ibu Han Myung-Sook (Jin Hee-Kyung) berjualan di kedai kelontong milik keluarganya. Namun pada saat dewasa Dae-Sung dihadapkan dengan kegagalan bertubi-tubi untuk lolos dalam ujian pejabat publik, akhirnya Ia memutuskan untuk berhenti belajar dan mulai bekerja paruh waktu di MS Mart—kedai kelontong yang berubah menjadi supermarket. Dae-Sung memiliki kekasih bernama Do A-Hee (Seol Hyun) yang bekerja sebagai petugas polisi, A-Hee tetap setia disamping Daesung walaupun berkali-kali gagal dan terus mendukungnya.

Suatu hari, kasus pembunuhan misterius terjadi di sebuah apartemen yang berdekatan dengan MS Mart. A-Hee segera menyelidiki sendiri kasus pembunuhan dan Dae-Sung juga bergabung dalam penyelidikannya. Alasan Daesung tertarik dengan kasus ini adalah struk belanjaan yang dikeluarkan dari MS Mart yang menjadi satu-satunya petunjuk dari kejadian pembunuhan tersebut.
Ahn Dae-Sung

Kisah ini bermula ketika ada pembeli yang datang di warung kelontong untuk berbelanja, pembeli hanya membeli sebungkus pie coklat dengan memberikan uang baru sebesar lima ribu won (padahal kan bisa pake uang kecil aja, karna dia cuma beli sebungkus nah). Dengan ketelitiannya, Daesung kecil yang pada saat itu sedang jaga kedai mengetahui bahwa uang itu palsu— dan sang Ibu menyadari jika sang pembeli adalah seorang penipu. Ketika sang penipu ditangkap, Ia mengatakan pada Dae-Sung "Aku akan menemuimu." hal itu yang membuat Dae-Sung masih memiliki rasa trauma bahkan sang Ibu juga menyadari hal itu.
Do A-Hee

Do A-Hee (Seol Hyun), pemegang sabuk hitam dan bekerja sebagai petugas kepolisian. A-Hee sudah berpacaran dengan Dae-Sung selama 20 tahun dan alasan Ia menjadi polisi adalah untuk melindungi Dae-Sung. A-Hee merupakan sosok yang kuat, dan tangguh, sulit baginya untuk melepaskan Daesung— walaupun Daesung belum ingin menikah muda dan memiliki momongan seperti impiannya.
👆🏻Disini ada karyawan MS Mart yaitu "Ibu Produk" yang memiliki keahlian mengumpulkan informasi, Ia mengetahui segala hal yang terjadi di kompleks dikarnakan Ia juga berjualan kosmetik di sela-sela bekerja di MS Mart. Di samping itu ada "Sayuran", julukannya adalah pakar yang bersifat menyebalkan. Ia dulunya adalah ratu kecantikan di perdesaan dan sudah memiliki suami—namun setiap karyawan MS Mart memiliki rahasianya masing-masing.
👆🏻 Tukang daging merupakan teman Daesung sejak kecil dan mengambil jurusan seni rupa pada saat kuliah. Ia melanjutkan pekerjaan tukang daging dikarnakan dirinya adalah generasi penerus ketiga. Sementara Seo-Yool, anak kecil ini merupakan anak dari pemilik penjualan real estate— Ia selalu datang ke MS Mart untuk membeli bir dan siput kaleng (Daesung selalu melarangnya untuk membeli bir). Seo-Yool yang pertama kali menemukan sendal dari korban pembunuhan pertama.
👆🏻 Awalnya Ibu Daesung mencari karyawan untuk posisi kurir baru, namun setelah bertemu Ia menempatkan pria di bagian Ikan— Ia mempunyai pengalaman sebagai kurir sajian tiongkok dan mempunyai catatan kriminal. Dirinya merupakan penduduk yang baru pindah, dan Daesung penasaran dengan kepribadiannya yang tertutup.
👆🏻 Karyawan MS Mart bersama tim dari kepolisian. Seru banget kalo ngeliat mereka bareng-bareng gini, keliatan rukunnya gitu wkwk.
👆🏻 Gesrek couple yang saling melengkapi, masih ngerasa lawak aja kalo ngeliat Kwang-Soo dikasi drama yang ada romancenya wkwk. Mana disini Kwangsoo terus-terusan di lindungi wkwk.

  •  coldclover's point : Aku suka detail yang ditampilkan dalam drama ini seperti animasi mini market pada saat opening dan animasi scan label harga pada saat penjelasan karakter karyawan di MS Mart—btw disini tiap karyawan namanya sama dengan bagian yang dikelola, jadi jangan kaget dengan penjelasanku yang hanya memanggil nama Ibu Produk, tukang daging, sayuran, dan ikan. Dan juga pengembangan plot dari drama ini menarik, diceritakan dari awal kisah dari Daesung, Ibunya, dan perjalanan mereka mengelola warung kelontong kecil sampai supermarket besar— semuanya dimulai dengan komedi hingga pembunuhan terjadi dan penyelidikan dimulai. Oh iya, fokus dari drama ini adalah Daesung yang disini sebagai karyawan market memiliki keinginan untuk memecahkan kasus pembunuhan dengan caranya sendiri, jadi jangan kaget jika  kamu melihat peran detektif sangat minim menangani kasus ini (tapi aku juga ngerasa gitu). Jujur aku kurang suka dengan karakter 5 dollar dan detektif utama dari kasus ini, aku ngerasa cara detektif mengintrogasi terlalu menyudutkan meskipun memang situasinya harus mencurigai orang-orang yang terakhir berkomunikasi dengan korban.
  • Pesona dari drama ini menurutku adalah Kwang-soo sendiri, namanya seperti sebuah brand yang kamu nantikan di setiap projectnya. Selera humor pribadinya telah tercermin dalam karakter dan aktingnya. Aku mulai ngikutin Kwangsoo semenjak Ia mengundurkan diri dari Running Man, awalnya dia banyak mengambil tawaran film seperti Sinkhole, dan A Year-End Medley di tahun 2021, tahun berikutinya doi muncul film The Pirates: The Last Royal Treasure sebagai Mak-Yi. Makanya aku agak kaget pas liat dia ambil pr oject drama The Killer's Shopping List ini karna sebelum-sebelumnya doi fokus sama film, tapi doi juga ada ambil project variety bareng Jaesuk seperti Korea No.1 dan The Zone, bahkan Kwangsoo juga nemenin Zo Insung dan Cha Taehyun di Unexpected Bussines Season 2 (Intinya Kwangsoo sibuk pake banget, aku jadi semakin yakin alasan doi out dari Runningman karna ada masalah didalam nah). Untuk Seolhyun, aku pernah bahas doi di postingan review Summer Strike— aku berharap tahun ini doi aktif lagi ngedrama, suka banget liat Seolhyun eonni xixi.
  • 📋 Mengenai rating, dari 1-10 aku kasi nilai 8 untuk drama ini. Recommend untuk readers yang penasaran dengan drama adaptasi webtoon, bergenre mystery dibalut komedi dengan bumbu-bumbu romance yang melengkapi. [Cek Rating K-Drama lainnya di coldclover drama rating in mydramalist ] 
  •  Drama The Killer's Shopping List dapat ditonton di VIU ya yeorobun
Sekian review drakor kali ini, see yaa^^~

12 comments for "Review Drakor Seru Lee Kwang Soo, The Killer's Shopping List (2022)"

  1. Sempat nonton sedikit. Filmnya bagus, ada komedinya dan romantisnya pas bangat bagi para jomblo

    ReplyDelete
  2. Review drakor yang menarik dan bisa dijadikan pegangan sebelum menonton nya.

    ReplyDelete
  3. Review drakornya lengkap bisa buat acuan sebelum menonton filmnya

    ReplyDelete
  4. Rekomendasi buat tontonan liburan ni menarik

    ReplyDelete
  5. film2 industrik K-pop skrg makin banyak yang unik2 ya.. drama dibalut dg komedi dan memiliki banyak genre yang menarik, jadi gk cuma bertema percintaan, tetapi juga kehidupan sehari-hari dengan bumbu kasih sayang.. trims udah berbagi informasinya mbak

    ReplyDelete
  6. Ini kayanya film yang seru deh kayanya ya nanti saya akan nonton kok

    ReplyDelete
  7. Saya sudah finished nonton drama ini. Yang aku suka adalah ceritanya walaupun misteri ya (karena harus menebak2 siapa main villain-nya), tapi karena ada lee kwang soo jadi ada bumbu komedinya. Recommended!

    ReplyDelete