Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Film Korea My Sassy Girl (2001) : Romansa Cegil dan Cowo Supel

My Sassy Girl merupakan salah satu film yang termasuk dalam jajaran box office di Korea Selatan, bahkan sudah di remake di berbagai negara seperti Jepang, China, Thailand dan juga Indonesia. My Sassy Girl (2001) dikemas manarik dan dibintangi oleh aktor/aktris papan atas seperti Cha Tae-Hyun dan Jun Ji-Hyun yang membuat film ini terkenal pada masanya. Meski terbilang klasik, menurutku film ini masih layak untuk ditonton sekarang.

Film yang rilis di tahun 2001, berdurasi 123 menit ini merupakan adaptasi dari novel My Sassy Girl karya Kim Ho-Sik, disutradari oleh Kwak Jae-Young , serta di produseri oleh Shin Chul dan Park Geon-Seob. My Sassy Girl menceritakan seorang mahasiswa bernama Gyun-Woo (Cha Tae-Hyun) yang sangat suka melirik gadis-gadis cantik dan minum bersama teman-teman daripada belajar. Gyun-Woo lebih banyak tidur dikelas dan menitip absenkan teman-temannya.

Suatu malam setelah berkumpul dengan temannya, Gyun-Woo pulang naik kereta bawah tanah dan bertemu dengan seorang gadis cantik yang mabuk berat (Jun Ji-Hyun). Gyun-Woo hanya melirik gadis itu sekilas— benar bahwa gadis itu adalah tipenya, tetapi Ia tak menyukainya. Alasannya adalah gadis itu hampir pingsan di kereta dan muntah pada pria yang lebih tua. Dia kemudian mencondongkan tubuh ke Gyun-Woo dan semua orang berasumsi Gyun-Woo adalah pacarnya. Kejadian ini mengubah nasib Gyun-Woo sepenuhnya, dirinya terhubung dengan sang gadis dan tidak dapat lepas darinya.
  • coldclover's point :  Siapa sangka sebuah insiden kecil akan membawa kedua karakter manis ini ke dalam perjalanan yang mengubah hidup mereka menjadi lebih baikPertama-tama menurutku film ini memiliki karakter wanita terbaik, sang gadis yang namanya tidak pernah disebutkan ini tidak terlalu girly dan naif. Ia tangguh dan tidak takut menghajar seseorang apalagi kepribadiannya sangat ekstrovert dan blak-blakan. Tetapi setelah menonton bagian akhir dari film ini aku dapat mengerti mengapa Ia melakukannya, gadis itu selalu minum setiap harinya untuk mencoba melupakan semua rasa sakit yang Ia alami. 
Dan di situlah pemeran utama pria berperan. Berawal dari Gyun-Woo kebetulan melihatnya saat dia mabuk dan menghentikannya agar tidak terjatuh di depan kereta bawah tanah membuat mereka menjadi lebih sering bertemu. Gyun-Woo juga memiliki sifat lebih penurut dan selalu melakukan apa yang dikatakannya meskipun sang gadis terus mengganggunya. Perilaku "gadis lancang" yang tidak dapat diprediksi (sangat kasar) mendorong cerita ini, tetapi melihat Gyun Woo dewasa juga sama menghiburnya. Sebagian besar adegan dimainkan untuk membuat kita tertawa, tetapi ada juga keseimbangan yang baik antara momen lucu dan menyentuh. Mau tak mau aku mendukung hubungan aneh mereka.

Menururku My Sassy Girl diceritakan dengan cerdas dari awal hingga akhir apalagi film ini berdasarkan kisah nyata (dari blog online seorang pria yang menjelaskan hubungannya dengan seorang gadis), setiap adegan merupakan sorotan yang menandai waktu mereka bersama. Film ini berfokus pada hal-hal penting membantu memasukkan cerita yang cukup panjang ke dalam film yang ringkas, walau aku merasa beberapa lompatan waktu terasa terlalu mendadak (pastinya hal ini sering terjadi baik di drama maupun di film). Meskipun cinta yang ditakdirkan adalah tema yang familiar, cerita ini tidak mengambil jalur yang bisa diprediksi. Aku sendiri menyukai bagian akhir, yang tidak pernah kuduga karena menghubungkan keseluruhan cerita dengan sempurna.

  • Jujur aku kaget melihat paras Jun Ji-Hyun disini, benar-benar ga berubah nah. Dari My Love From the Stars, The Legend of the Blue Sea, Kingdom dan Jirisan setelah itu aku baru ngeliatin doi disini— awet muda pisan mba Jihyun in☺️. Aku juga kangen sama aktingnya, semoga tahun depan bakal ada project drama lagi nah😔 (mengingat mba Jihyun ini aktris chungmuro, aku ga berharap banyak huhu🤧). Daaaaann lagi-lagi Cha Tae Hyun-nim, aku gatau lagi nah mau kasi komentar apa buat doi🤣. Aku ngerasa Tae-Hyun benar-benar all in jadi dirinya disini, doi aslinya udah lucu makin tambah lucu. Dia ga ngelawak dan dirinya bukan komedian (Aslinya Taehyun penyanyi lo), tapi aku ngerasa dihipnotis sama doi— semua yang dia lakukan lucu aja dimataku huhu👀 .
  • OST My Sassy Girl yaitu Shin Seung Hun - I Believe menjadi lagu yang paling terkenal pada masanya. Lagu ini sering dibawakan di Noraebang (ruang karoke) dan lagu ini juga dinanyikan dalam drama My Sassy Girl Chunyang, salah satu remake yang diperankan Ju Won dan Oh Yeon-Seo (btw aku suka banget sama lagu ini,  sering kuputar juga nah😸).
  • 📋 Mengenai rating, dari 1-10 aku kasi nilai 8 untuk My Sassy Girl. Jika kamu menyukai kisah cinta yang tidak biasa namun manis maka kamu akan menyukai film ini dan juga untuk kamu menyukai film lucu dengan pemeran utama wanita yang kuat maka My Sassy Girl cocok untuk kamu [Cek Rating K-film lainnya di coldclover drama rating in mydramalist ].
  • Film My Sassy Girl tersedia di VIU ya chingudeul😆
Sekian review k-film kali ini, see ya in the next post^^~

7 comments for "Review Film Korea My Sassy Girl (2001) : Romansa Cegil dan Cowo Supel"

  1. Ini salah satu film yang belum kutonton dan ingin kutonton tapi lupa mulu mau nontonnya wkwkwk

    ReplyDelete
  2. yang paling aku suka dari film atau drama korea itu, artisnya yang cantik, hehehe

    ReplyDelete
  3. Cerita yang alurnya tidak terprediksi. Merupakan cerita film yang membuat penasaran

    ReplyDelete
  4. Wah ternyata ini film lama ya.. Rilis pertama kali tahun 2001.. Aktor cha-tae yun juga udah sering bgt muncul diberbagai film korea.. Oiya.. Smoga ada review film2 korea bergenre horror ya.. Soalnya sya suka bgt dg genre horror

    ReplyDelete
  5. Muter2 nyarin sinopsi romansa cegil dan cowo supel akhirnya nemu juga. Keren filmnya saya sudah nonton, full romansa komedi...

    ReplyDelete
  6. Semua pecinta K-drama wajib nonton film legend ini.

    ReplyDelete
  7. Review film Korea My Sassy Girl (2001) menghadirkan kisah romansa yang penuh dengan candaan dan ketegangan antara karakter cewek 'cegil' dan cowok 'supel', menghasilkan kombinasi yang menghibur dan memikat. Sebuah klasik yang tetap menyenangkan hingga hari ini!

    ReplyDelete